KEGIATAN GAEKI 2015

Memasuki  tahun 2015, GAEKI  sebagai  mitra Pemerintah RI untuk mewakili private sector di berbagai forum terus melanjutkan peran aktif dalam berbagai even perkopian baik didalam dan di luar negeri :

1.  Mendag Rachmat Gobel Terima Kunjungan GAEKI

Menteri Perdagangan RI, Bapak Rachmat Gobel  menerima kunjungan Ketua Umum Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI), Bapak Hutama Sugandhi di Kantor Kementerian Perdagangan Jakarta, pada hari Selasa 13 Januari 2015. Audiensi-Ketum-GAEKI-Mendag

Mendag didampingi oleh Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan Ibu Nurlaila Nur Muhammad, SE, MA, Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Bapak Drs. Partogi Pangaribuan, beserta  Staf Khusus Mendag Bapak Gusmardi Bustami SH, Bapak Ardiansyah Parman dan Bapak Benny Soetrisno. IMG_20150113_203919

Sedangkan Ketum GAEKI didampingi oleh Dewan Penasehat GAEKI, Bapak Roedy Soekojo, Bapak Moenardji Soedargo & Bapak Teddy Aripin, Wakil Ketua Umum GAEKI Bapak Ir. Sugeng Budhi Raharjo & Bapak Hariyanto dan Sekjen GAEKI Bapak Isdarmawan Asrikan.

 

Link Berita : http://www.kemendag.go.id/m/id/photo/2015/01/14/mendag-mengadakan-pertemuan-dengan-gaeki http://gaeki.or.id/mendag-terima-kunjungan-gaeki/  

2.  Sidang ICO di London.  

Pada sidang ICO ke 114  di London yang diselanggarakan  pada tanggal  2 – 6 Maret  2015, turut hadir sebagai Delegasi RI sebagai berikut :

  • DWH Watson (Penasehat GAEKI)
  • Moenardji Soedargo (Penasehat GAEKI)
  • Leman Pahlevi (Wakil Ketua GAEKI)

Untuk duduk mewakili GAEKI sebagai peserta sidang Private Sector Consultative Board (PSCB). Pada sidang ICO yang ke 114 ini Mr. Leman Pahlevi selaku Delegasi RI yang membawa nama GAEKI, telah terpilih sebagai Vice Chairman PSCB – ICO untuk Periode 2014/15.

AGAM VICE CHARIMAN PSCB. ICO

Link Berita PSCB – ICO 2015  :

http://dev.ico.org/documents/cy2014-15/pscb-144e-report.pdf

http://us8.campaign-archive2.com/?u=2d092c36964c9bc36b68c85e4&id=38139af963&e=9ce0512bc2 http://dev.ico.org/documents/cy2014-15/pscb-144e-report.pdfu=2d092c36964c9bc36b68c85e4&id=8c0eba4416&e=9ce0512bc2

3. FOODEX 2015 di JEPANG

GAEKI  untuk kesekian kalinya turut berperan aktif dalam pameran FOODEX JAPAN 2015 di Makuhari Messe, Japan pada tanggal 3 – 6 March 2015. Pameran internasional yang ke 40 sejak tahun 1976.

Stand GAEKI diisi oleh PT Aneka Coffee Industry, PT. Indo Arabica Mangkuraja & Ventura Coffee PT. FORTUNIUM, antara lain melakukan Kegitan cup test sangat diminati pengunjung, yaitu dengan cup test secara acak dari Kopi Arabica Mangkuraja, Mandeling, Aceh, Bali, Jawa, Toraja dan Kopi Luwak, sesuai dengan sample yang dipamerkan. Foodex2015

Stand Indonesia cukup mendapatkan perhatian, sehingga stand Indonesia mengalami peningkatan pengunjung di hari – hari selanjutnya, termasuk stand GAEKI yang menyediakan cup test bagi pengunjung, dalam rangka untuk lebih memperkenalkan kopi Indonesia di ajang pameran International.

 

http://www3.jma.or.jp/foodex/en/index.html

4. Mendag & Menkop UMKM Mengunjungi Pabrik Kopi Asal Jaya

Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Kabupaten Malang, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel bersama Menteri Koperasi dan UMKM AA Gede Ngurah Puspayoga beserta Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Srie Agustina dan Bupati Malang Rendra Krisna berkenan melakukan kunjungan ke Pabrik Kopi Asal Jaya, Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada hari Sabtu, tanggal 7 Maret 2015. __mendag-bersama-menkop-umkm-mengunjungi-pabrik-kopi-asal-jaya-malang-jawa-timur--1-1425731961

Direktur PT Asal Jaya, Bapak Hariyanto yang juga sebagai Wakil Ketua GAEKI telah menerima kunjungan tsb. __mendag-bersama-menkop-umkm-mengunjungi-pabrik-kopi-asal-jaya-malang-jawa-timur--6-1425731962

5. Tangkal Kartel, Eksportir Asia Bentuk Aliansi

Staf Ahli Bidang Kebijakan Perdagangan Luar Negeri dan Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus, Arlinda mewakili Menteri Perdagangan menghadiri Asian Shippers’ Meeting sekaligus menyaksikan penandatanganan Declaration of Asia Shippers Alliance (ASA) yang diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 18 Maret 2015, di Hotel Shangri-La Surabaya.

Dengan terbentuknya ASA dan adanya pertemuan tahunan pertama, yang diikuti oleh asosiasi serupa dari negara-negara di Asia, diharapkan bisa membuka peluang meningkatnya ekspor dan impor antarnegara di Asia. __asian-shippers-meeting-dan-penandatanganan-declaration-of-asia-shippers-alliance-9-1426739972 Ketua DEPALINDO,

Bapak Toto Dirgantoro bersama Ketua GPEI Jatim Bapak Isdarmawan Asrikan ( Sekjen GAEKI) mengajak para peserta pertemuan tersebut untuk mengunjungi Pelabuhan Peti Kemas Teluk Lamong yang berada di Surabaya, yang saat ini menjadi pelabuhan peti kemas paling modern di Indonesia dan akan menjadi rujukan pelabuhan pelabuhan peti kemas lainnya di Indonesia.

6. ACF Annual General Meeting & Board Meeting.

GAEKI menghadiri undangan Asean Coffee Federation & Board Meeting yang diselenggarakan pada hari Jumat tanggal 20 Maret 2015 di Marina Bay Sands Convention Centre, Singapura. http://aseancoffee.org/ )

7. Peluncuran SCOPI di Jakarta.

GAEKI turut mendukung dan berperan aktif sebagai salah satu pembicara dalam acara peluncuran Kemitraan Kopi Berkelanjutan Indonesia ( KKBI ) atau yang bernama lain Sustainable Coffee Platform of Indonesia ( SCOPI ), yang diselenggarakan di Gedung Erasmus Huis Jakarta pada hari Selasa tanggal 31 Maret 2015.

Bapak Imam Suharto, Senior Coffee Program Manager The Sustainable Trade Initiative ( IDH ) mengatakan permasalahan mutu dan kualitas kopi dalam negeri dapat diperbaiki dengan diluncurkannya platform pengembangan kopi nasional berkelanjutan melalui Sustainable Coffee Platform of Indonesia ( SCOPI ).

Nantinya, platform tersebut akan menerapkan model inovatif kemitraan antara pemerintah-swasta yang salah satu fokusnya meningkatkan produktivitas petani kopi sambil tetap mengedepankan unsur menjaga lingkungan.

Imam mengatakan masih ada gap yang tinggi antara produksi kopi dalam negeri dengan Vietnam. Produktivitas kopi robusta lokal saat ini hanya 750 kg/ ha dan Arabika lokal 500 kg/ha sedangkan Vietnam mampu memproduksi 2,5 ton per ha.

Dengan adanya SCOPI ini, Ted van der Put, Program Director IDH – The Sustainable Trade Initiative dari Belanda melalui IDH berharap kualitas kopi dari para petani di Indonesia dapat lebih baik secara stabil.

IDH melalui program SCOPI menggalakkan program yang memberikan penyuluhan bagi para petani kopi di Indonesia untuk melakukan inovasi dalam bercocok tanam kopi, terutama dari sisi teknologi.

Nantinya, Scopi akan mendorong sertifikasi kopi sesuai standar yang diinginkan nasional namun juga mengadopsi standar sustainable yang diinginkan konsumen internasional seperti yang diterapkan di Eropa dan Amerika Serikat. http://www.idhsustainabletrade.com/coffee

8. Pameran SCAA di Seattle.

GAEKI  turut berperan aktif menampilkan berbagai jenis varian kopi spesial terbaik asal berbagai daerah di Paviliun Indonesia dalam pameran Specialty Coffee Association Of America (SCAA) di Seattle, Amerka Serikat bersama Dirjen Industri Agro Kemenperin Tgl. 9 – 12 April 2015  ( http://scaaevent.org/ )

LINK BERITA :

http://www.merdeka.com/uang/indonesia-dinobatkan-sebagai-surga-kopi-dunia. html

http://www.voaindonesia.com/content/indonesia-surga-kopi-dunia/2742674.html

http://internasional.republika.co.id/berita/internasional/global/15/04/30/nnm3pp-indonesia-surga-kopi-dunia http://gaya.tempo.co/read/news/2015/04/15/215657887/Komunitas-Kopi-Amerika-Sebut-Indonesia-Surga-Kopi-Dunia http://lifestyle.bisnis.com/read/20150414/220/422659/komunitas-kopi-as-sebut-indonesia-surga-kopi-dunia http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/04/14/141931126/Indonesia.Dapat.Julukan.Baru.sebagai.Surga.Kopi.Dunia.

9.  Pameran Coffee Expo di Seoul Korsel.

GAEKI yang diwakili oleh PT Fortunium turut berperan aktif  dalam pameran Coffee Expo 2015 di Coex Center –  Seoul, Korea  Selatan, pada tanggal 9 – 12 April 2015 bersama Dirjen Industri Agro Kemenperin ( http://coffeeexposeoul.com/ ).

webIMG-20150409-WA0024  10. Pertemuan Silaturahim & Dialog Perkopian di Lampung.

Bertempat di Counselor Room Hotel Novotel Lampung, pada tanggal 27 April 2015, beberapa pengurus GAEKI telah memenuhi undangan Eksportir Kopi Lampung dalam rangka acara pertemuan silahturahim dan dialog membahas masalah-masalah perkopian terkini.

Hadir dalam pertemuan tsb. dari jajaran kepengurusan BPP GAEKI antara lain Ketua Umum Bpk. Hutama Sugandhi, Wakil Ketua Umum Bpk. Leman Pahlevi, Sekretaris Jenderal Bpk. Isdarmawan Asrikan, Penasihat Bpk. Moenardji Soedargo & Bpk. Teddy Aripin, dan Pengawas Bpk. Singgih Purwanto.

PERTEMUAN SILATURAHIM EKSPORTIR KOPI LAMPUNG DENGAN PENGURUS GAEKI Sedangkan dari Lampung hadir beberapa Eksportir Kopi yg sudah bergabung dengan GAEKI sejak tahun 2013 dan beberapa  eksportir lainnya, antara lain dari PT. ASIA MAKMUR Bpk. Budi Setiawan, CV. ANTARA SAUDARA Bpk. Djony, PT. SURYA BUMI SENTOSA Bpk. Wadi & Bpk. Miming, PT. SARI MAKMUR TUNGGAL MANDIRI Bpk. Benny Wijaya, PT. ULU BELU Bpk. Rinaldi, PT. SAMSON JAYA Bpk. Anton Firmansyah, PT. TRIRATU MUKTI KENCANA Bpk. Junaedy Sulaiman, PT. INDOKOM  Bpk.Yusuf Kohar, PT. SUNGAI BUDI  Bpk. Hadi Handoyo, PT.BUDI SEMESTA  Bpk. Hanafi, PT. PRASIDHA ANEKA NIAGA Tbk. Bpk. Harsa W & Bpk. Rigo Hartono, PT. RODA MANDALA Bpk. Budiman Kencana serta CV. SURYO  (SURABAYA)  Bpk. Duta Surya.

Pertemuan silaturahim berlangsung dalam suasana yang penuh keakraban didahului dengan santap malam bersama pada jam 18.30 malam.

Selanjutnya dialog perkopian dibuka dengan saling memperkenalkan diri baik dari Eksportir Kopi Lampung dan Pengurus GAEKI. Hubungan antara Eksportir Kopi Lampung dengan GAEKI telah berlangsung sejak tahun 2013, dimana beberapa perusahaan tersebut terlibat dan ikut serta secara intensif dalam kegiatan-kegiatan yang diadakan GAEKI.

Terutama pada beberapa pertemuan marathon dengan Wamendag Bpk. Bayu Krisna Murthi untuk membahas Gate Trade/ Portal Kopi. Hingga saat ini Eksportir Kopi Lampung merasakan perlunya kebersamaan untuk bersatu dan agar selalu kompak ketika menghadapi berbagai persoalan-persoalan perkopian yang semakin pelik dalam satu wadah yang dapat diterima Pemerintah Pusat. image1

Dalam hal ini, Bpk. Junaedy Sulaiman selaku Koordinator  para Eksportir  Kopi anggota GAEKI di Lampung, antara lain menjelaskan bahwa para Eksportir  Kopi anggota GAEKI di Lampung telah membulatkan tekad untuk selanjutnya akan mengkonsolidasikan kebersamaannya dalam satu wadah asosiasi GAEKI dan secara nasional akan menyalurkan semua aspirasi perkopian dan mencari solusinya melalui GAEKI guna memperbaiki iklim usaha perkopian di Indonesia.

Konsolidasi dan kebersamaan Eksportir Kopi Lampung yang telah bergabung dan tercatat sebagai anggota GAEKI terdiri dari :

  1. PT. Aneka Sumber Bumi
  2. PT. Triratu Mukti Kencana
  3. PT. NedCoffee Indonesia
  4. PT. Asia Makmur
  5. PT. Surya Bumi Sentosa
  6. PT. Samson Jaya
  7. CV. Bumi Makmur International

Adapun beberapa perusahaan yang meliputi perusahaan-perusahaan eksportir yang cukup besar sebagai “pemain kopi” telah menyatakan diri untuk bergabung dalam satu wadah asosiasi bersama GAEKI, diantaranya PT. Aneka Sumber Asih, CV. Antara Saudara, PT. Roda Mandala, PT. Ulu  Belu dan perusahaan lainnya juga akan segera bergabung. IMG-20150428-WA0015

Dengan kebersamaan melalui wadah GAEKI ini diharapkan pemerintah pusat dapat menerima, mendengarkan dan memberikan solusi yang terbaik untuk mengatasi kesulitan-kesulitan eksportir kopi nasional terhadap tuntutan permintaan global antara lain masalah sertifikasi kopi 4C dan hambatan2 eksport lainnya.

Pertemuan silaturahim berlangsung cukup akrab dan kekeluargaan hingga berakhir sekitar pukul 22.00, semua peserta masing-masing perusahaan dalam pertemuan tsb. secara terbuka dapat dengan bebas dan leluasa meyampaikan aspirasinya dan diterima oleh Pengurus GAEKI untuk ditindaklanjuti.

11. Pameran SIAL di Montreal Canada.

GAEKI yang diwakili oleh PT Fortunium turut berperan aktif mengikuti pameran SIAL Canada di Montreal, Kanada yang difasilitasi oleh Dirjen PPC Kemendag, pada tanggal 28 April – 30 April 2015 ( http://www.sialcanada.com/sial/en/ )

SIAL Canada oke

 

12. Pameran SIAL di Shanghai – China.

GAEKI yang diwakili oleh UD. Eref, PT. Perpustakaan Kopi Indonesia & PT. Cahaya Mas Global Kopi turut berperan aktif mengikuti pameran SIAL 2015 International Food and Beverage Exhibition, di Shanghai China yang difasilitasi oleh  Dirjen Industri Agro Kemenperin, pada tanggal 6 – 8 Mei 2015. ( http://www.sialchina.com/sialchina2015.html ). webIMG-20150513-WA0004

13. The Second Asean Coffee Federation (ACF) Meeting.

Mr Leman Pahlevi atas nama Vice President GAEKI, secara resmi telah terpilih sebagai salah satu Anggota Executive Board ACF periode 2015-2017 pada acara The 2 Meeting of ACF yang  diadakan pada 21 Mei 2015 di Convention IMPACT & Exhibition Center, Bangkok, Thailand. (  http://aseancoffee.org/ )

14.  THE 11th Meeting OF ANFPWG di Manila Filipina.

GAEKI turut berpartisipasi aktif mengikuti sidang The 11th Meeting Of The National ASEAN Focal Point Working Group (NFPWG) On Coffee On ASEAN Cooperation In Agriculture And Forest Products Promotion Scheme, yang diselenggarakan di Manila – Filipina, pada 27 May 2015.

The 11th Meeting Of ANFPWG dibuka oleh Engr. Leandro H. Gazmin, Assistent Secretary of Agribusiness and Marketing, Departement of Agriculture, Republic of The Phillipines. Selanjutnya The 11th Meeting Of ANFPWG on Coffee dipimpin oleh Vietnam, sedangkan The 10th Meeting Of ANFPWG on Tea dipimpin oleh Indonesia. Hadir 7 negara ASEAN : Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Thailand dan Vietnam. Delegasi Indonesia terdiri dari :

  • Kementerian Pertanian : Direktorat Pemasaran Pertanian, Ditjen PHP, Balitri & Badan Litbang.
  • Kementerian Perdagangan : Direktorat Kejasama ASEAN, Direktorat Kerjasama APEC, Ditjen KPI
  • Atase Perdagangan Manila
  • GAEKI

IMG_20150601_115702 Beberapa agenda pertemuan antara lain :

  1. Thailand Tea and Coffee Association menrencanakan pembuatan situs resmi kopi ASEAN.
  2. Menyepakati rencana pembentukan ASEAN Coffee Association (ACA), untuk itu mempersiapkan penyusunan draft Terms of References (ToR) meliputi tujuan, keanggotaan, persyaratan serta legal implications.
  3. Menyepakati penyusunan ASEAN Good Agricultural Practices on Coffee yang akan disiapkan oleh Thailand untuk dibahas bersama dengan ASEAN Member States (AMS) pada pertemuan yang difasilitasi oleh Thailand Tea and Coffee Association pada bulan Agustus 2015 di Chiang Rai, Thailand.

Pertemuan ANFPWG selanjutnya akan dilaksanakan di Malaysia pada tahun 2016.

15.  Audiensi dengan Wamenkeu RI.

GAEKI turut berperan aktif mengikuti Audiensi GPEI & Asosiasi Komoditi bersama Bapak Mardiasmo Wakil Menteri Keuangan RI di Jakarta, pada tanggal 29 Mei 2015 guna membicarakan Proposal Usulan Solusi PPN Komoditi Pertanian dan Perkebunan sebagai tindak lanjut dari pertemuan dengan Wapres JK pada tanggal 15 November 2014, yang terkait dengan adanya putusan MA 70P/HUM/2014, maka Barang Strategis hasil Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan dalam PP 31/2007 pasal 1C menjadi Barang Kena Pajak (BKP) dan dikenakan PPN 10%.

Dari GPEI diwakili oleh Bapak Toto Dirgantoro  ( Sekretaris Jendral ), dari GAEKI Bapak Isdarmawan Asrikan ( Sekretaris Jendral ) & Bapak Rudy Soekojo ( Badan Pengawas  ), dari ASKINDO Bapak Zulhefi Sikumbang & Ibu Anny, dari  GAPKINDO Bapak. Rusdan.

Pertemuan dengan Wamenkeu berlangsung cukup komprehensip dan akomodatif,  dengan hasil pembahasan  sbb :

1.  Wakil Menteri Keuangan cukup memahami dampak PPN bagi dunia usaha dan petani, namun follow up pertemuan dengan Wapres JK masih belum ada solusi, karena masih ada kendala / benturan dari aspek hukum. Wamenkeu  sudah beberapa kali rapat dengan Menkunham, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) dan Menkeu,  tapi keputusan MA tsb. mempunyai kekuatan hukum yang sangat kuat. Sementara itu, dari  Dirjen Pajak pada prinsipnya hanya melaksanakan putusan MA.

2.  Pemerintah tidak bersedia mengeluarkan PP baru karena dikhawatirkan akan di Judicial Review lagi, langkah yang dirasa cukup aman dapat dilakukan, yaitu  sbb :

a.  Melalui revisi UU PPN pada Tahun 2016 mendatang, diharapkan ada peluang untuk menghapuskan PPN atau menjadikan 0% yang akan dimasukan pada RUU Perubahan PPN baru yang akan dibawa ke DPR nanti pada masa sidang Tahun 2016.

b.  Sambil menunggu revisi usulan perubahan UU PPN 2016 tsb, kemungkinan bisa mengajukan gugatan ke MA atau PK oleh pihak yang kalah atau yang dirugikan, yaitu dari gabungan eksportir kopi (GAEKI), karet (GAPKINDO), kopi specialti (AKSI), dan kakao (ASKINDO). Namun langkah-langkah tsb. baik melalui revisi UU PPN yang baru, dan melalui pengajuan gugatan ke MA atau PK oleh pihak yang dirugikan, kiranya akan memerlukan waktu dan proses yang cukup panjang.

3.  Kesimpulan sebagai solusi jangka pendek yang bisa dilakukan, antara lain :

a.  Membentuk Tim Kecil PPN yang diketuai Wamenkeu dengan anggotanya terdiri GAEKI, GPEI, AKSI, GAPKINDO, ASKINDO dan Asosiasi-asosiasi lain termasuk petani, Dirjen Pajak, Badan Koordinasi Fiskal ( BKF ),  untuk meneliti dan membahas permasalahan PPN tsb, antara lain dengan tetap mengenakan  PPN yang besarnya tidak memberatkan bagi petani dan dunia usaha. Oleh karena usulan PPN untuk tidak dipungut (0%) tidak bisa diterapkan, karena harus ada angkanya misalnya 1% – 2%, maka diperlukan kajian yang komprehensif dari masing2 asosiasi. Hal  ini masih bisa dimungkinkan untuk mencari solusi dalam jangka pendek,  karena merupakan kewenangan Kementerian Keuangan.

b.  Menerbitkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) tentang PPN Komoditi Pertanian & Perkebunan dengan  nilai sebesar 1 –2 %, yang akan dicarikan alasan dan celah hukumnya, sambil menunggu revisi perubahan UU PPN yang baru disahkan pada tahun 2016 yad.

c.  Pembahasan pemasalahan PPN ini langsung dibawah pengawasan Wapres Jusuf Kalla, dan hasil pertemuan ini dan perkembangannya akan dilaporkan oleh Wamenkeu setiap bulan.

16. Kunming Fair 2015

IMG-20150625-WA0017

GAEKI berperan aktif mengikuti pameran “The 23rd China Kunming Import and Export Fair (Kunming Fair)”, pada tanggak12-16 Juni 2015. Dalam pameran tsb GAEKI diwakili oleh PT. Cahaya Mas Global Kopi yang menampilkan produk kopi dari Aceh.

 

 

 

 

 

17. Kunjungan Mission Trip de Coffee dari Taipei

Dalam rangka Mission Trip de Coffee dari Taipei pada tanggal 2-8 August 2015, beberapa rombongan pengusaha kopi dari Taipei telah melakukan serangkaian kunjungan ke Surabaya dan Bali. IMG-20150804-WA0049

Salah satu rangkaian acara di Surabaya adalah melakukan B to B Meeting dengan beberapa anggota GAEKI pada tanggal 2 Agustus 2015 bertempat di UPT P3E Surabaya Office, Jl. Kedungdoro No. 86-90 Surabaya.

Dari pengusaha kopi Taipei hadir :

  1. Mr. C. S. Hsia (Coffee Trading Company, LLC)
  2. Mr. Liu, Chen-Ya (Asia coffee, tea & ice cream magazine)
  3. Mr. Ho, Ping-Ling (Cama Cafe)
  4. Ms. Hsu, Chien Chu SCAA Q Grader (Cama Cafe)
  5. Mr. Ho, Min-Yu SCAA Q Grader (Cama Cafe)
  6. Mr. Huang, Chung-Shih (Linking Coffee)
  7. Mr. Wu, Tsu-Ching (Linking Coffee)
  8. Mr. Chong Cheong Ying (Yeuan Yeou Enterprise Co., Ltd / City Café.)
  9. Mr. Lu Yun Yi (Pebble Coffee)
  10. Mr. Wu, Po-Feng (Zenshi Int’l Co., Ltd.)
  11. Mr. Steven Huang Wei-Lun (Billie Industrial Corporation)
  12. Ms. Jean Weng Yuan Yu (Billie Industrial Corporation)

Dari GAEKI hadir :

  1. Hutama Sugandhi (PT. Aneka Coffee Industry)
  2. Mario Arisanto (PT. Aneka Coffee Industry)
  3. Santi (PT. Asal Jaya)
  4. Boentoro Oetomo (PT. Bintang Tunggal Sejati)
  5. Rudy Soekojo (PT. Gemilang Jaya Makmur Abadi)
  6. Hery Soekojo (PT. Gemilang Jaya Makmur Abadi)
  7. Henry Kurniawan (CV Kharisma Nusantara)
  8. Isdarmawan Asrikan (CV Lintas Utama)
  9. Soegeng Budhi Raharjo (PT Perk. Nusantara XII)
  10. Yus Martin (PT Perk. Nusantara XII)
  11. Dodi Polii (PT Perk. Nusantara XII)
  12. Robert (PT. Indraco Jaya Perkasa)
  13. Erry (PT Santos Jaya Abadi)
  14. Daniel (CV Samudera Harapan)

Tour de Coffee Forum merupakan kegiatan yang digagas oleh KDEI Taipei bekerja sama dengan Taiwan Coffee Association, dan berlangsung pada 2-8 Agustus 2015 lalu.

Dalam forum ini, pembeli bertemu tatap muka dengan 11 eksportir kopi Indonesia anggota Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI) Jawa Timur. Program Tour de Coffee Forum berhasil mencatatkan kontrak pembelian kopi dengan nilai estimasi sebesar US$11,5 juta pada 2 – 8 Agustus lalu di Jawa Timur dan Bali.

LINK BERITA :

http://www.kemendag.go.id/id/news/2015/08/20/taiwan-borong-kopi-indonesia-115-juta-dolar-amerika-serikat http://www.antaranews.com/berita/513255/taiwan-borong-kopi-indonesia-115-juta-dolar-amerika-serikat http://www.kemendag.go.id/id/news/2015/08/20/pebisnis-taiwan-beli-kopi-indonesia-us115-juta http://industri.bisnis.com/read/20150820/99/463829/pebisnis-taiwan-beli-kopi-indonesia-us115-juta

18. Pameran dan Workshop Kopi Nusantara Tahun 2015

GAEKI berperan aktif mengikuti pameran Pameran dan Workshop Kopi Nusantara Tahun 2015 yang diselenggarakan oleh Direktorat industri Minuman dan Tembakau, Direktorat Jenderal Industri Agro Kemenprin, pada tanggal 1-9 agustus 2015 bertempat di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD City, Tanggerang Selatan. Pada tanggal dilakukan peresmian Gedung Pameran di tempat tersebut oleh Presiden RI Joko Widodo.   4. bsd

Pada rangkaian kegiatan Pameran tersebut, antara lain dilaksanakan edukasi tentang kopi berupa seminar kopi dengan tema ‘Proyeksi Usaha Kopi Indonesia 5 Tahun ke Depan’ , pemutaran film Indonesian Coffee documentary dan beberapa Workshop mengenai Cupping Taste Introduction, Manual Brewing Introduction, Roasting, Latte and Espresso Introduction, Cafe Clinic/Coaching, Barista Demo & Traditional Attraction.

LINK BERITA : http://balittri.litbang.pertanian.go.id/index.php/inovasi-teknologi/4-artikel/255-seminar-kopi-proyeksi-usaha-kopi-indonesia-5-tahun-ke-depan http://inspirasibangsa.com/kopi-indonesia-tiada-banding-tapi-minim-pasokan/

19. SIAL East Food & East Pack Indonesia 2015

GAEKI berperan aktif mengikuti pameran SIAL East Food & East Pack 2015 yang diselenggarakan oleh PT. KRISTAMEDIA PRATAMA pada tanggal 12-15 Agustus 2015 bertempat di Grand City Surabaya. 20150813_145156

Pembukaan pameran ini melalui prosesi pengguntingan pita yang dilakukan oleh Daud D. Salim, presiden Direktur Krista Media beserta beberapa perwakilan dari organisasi maupun pemerintahan, seperti Disperindag Jatim, GAEKI, Indonesia Chef Assosiation (ICA), dan KADIN Surabaya.

Pameran diikuti oleh 100 perusahaan baik dari dalam dan luar negri, pameran ini bertujuan untuk memajukan perindustrian dalam bidang pangan, serta mendorong generasi muda untuk lebih memperkenalkan makanan Indonesia kepada masyarakat, baik lokal maupun asing.

Tak hanya berupa pameran masakan dan packaging, namun beberapa event antara lain adalah coffe class & latte art competition yang diselenggarakan oleh Tri Yuli Kurniasih dari d’Excellent yang bekerjasama dengan Kristamedia Exhibitions.

LINK BERITA :

http://beritajatim.com/gaya_hidup/245036/pameran_east_food_&_east_pack_di_grand_city_surabaya.html#.Vc1W7fOqqkp

20. Coffee Finance Fair 2015

GAEKI berperan aktif pada acara Coffee Finance Fair 2015, yang diselenggaran oleh AgriProFocus yang bekerjasama dengan 4CAssociation, IDH/SCP SCOPI & PEMDA LAMPUNG bertempat di  Novotel Hotel Bandar Lampung, 25-27 August 2015. SCOPI Lampung 25 Agt 2015 Acara ini dibuka oleh Gubernur Lampung Bapak Muhammad Ridho Ficardo, dilanjutkan dengan serangkaian agenda yang cukup menarik antara lain :

  • Pameran produk dan layanan yang terkait dengan kopi dan akses pembiayaan.
  • Panel diskusi dan Konferensi yang membahas topik yang berkaitan dengan akses untuk pendanaan di sektor kopi di Indonesia.
  • Field trip ke perkebunan kopi.

Hariyanto. SCOPI Lampung 25 Agt 2015Hadir sebagai salah satu pembicara dari GAEKI dalam acara tsb adalah Bpk. Hariyanto (Wakil Ketua GAEKI).

 

21. SCAJ 2015 Tokyo

SCAJ 2015, merupakan acara pameran konferensi kopi spesial sedunia di Jepang yang diadakan pada tanggal 30 September – 2 Oktober 2015 di Tokyo Big Sight (West Event Hall 4).  Acara Ini adalah salah satu pameran kopi terbesar di Asia, yang diselenggarakan secara rutin setiap tahun oleh Specialty Coffee Association of Japan dan didukung oleh Kementerian Luar Negeri Jepang.

 

SCAJ ok

PT Aneka Coffee Industry turut berperan aktif dalam pameran tersebut mewakili GAEKI. Beberapa tahun sebelumnya GAEKI bersama KBRI Tokyo telah berhasil dalam melakukan negosisiasi persyaratan Carbaryl sehingga menjadi lebih longgar.

http://www.scajconference.jp/eng/

22. WORLD EXPO MILANO & ICO MEETING

Kementerian Perdagangan RI cq Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional telah menunjuk GAEKI untuk berpartisipasi dan berperan aktif dalam kegitan Indonesia Coffee Week World Expo Milano yang diselenggarakan pada tanggal  28 September – 2 Oktober 2015, bersamaan dengan acara Sidang ICO ke  115 di Milan – Italia, dimana GAEKI adalah wakil resmi pemerintah dari Private Sector (PSCB)

MILANO ICO

Menurut laporan European Coffee Federation 2013/2014, Uni Eropa (UE) yang terdiri dari 28 negara merupakan importir terbesar kopi di dunia.

Negara asal impor utama berasal dari  Brazil (28 %), Vietnam (23 %), Honduras (6 %) dan lndonesia (5,9 %).

http://www.expo2015.org/en/explore/clusters/coffee

http://www.ico.org/ico_meetings.asp?section=Meetings

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2015/05/18/1454359/Ini.Penjelasan.Kemendag.soal.Expo.Milano?utm_source=bisniskeuangan&utm_medium=bp&utm_campaign=related

http://m.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/15/10/05/nvqq0a368-pengunjung-world-expo-milano-kesengsem-wanginya-kopi-indonesia

http://m.republika.co.id/berita/inpicture/internasional-inpicture/15/10/05/nvqqio283-indonesia-coffee-week-di-indonesia-pavillion-milan-expo

http://m.republika.co.id/berita/gaya-hidup/kuliner/15/10/05/nvqq0a368-pengunjung-world-expo-milano-kesengsem-wanginya-kopi-indonesia

http://m.republika.co.id/berita/inpicture/internasional-inpicture/15/10/05/nvqqio283-indonesia-coffee-week-di-indonesia-pavillion-milan-expo

http://foto.metrotvnews.com/view/2015/10/05/437870/indonesia-coffee-week-digelar-di-milan-expo-2015

https://m.youtube.com/watch?v=aUp5jU_ksKE&feature=youtu.be

 23. COFFEE DAY

Untuk pertama kalinya secara resmi ICO telah mencanagkan International Coffee Day atau Hari Kopi Dunia yang berlangsung pada tanggal 1 Oktober 2015. Pada kesempatan tsb. telah bergabung sekitar 75 Anggota ICO dan beberapa asosiasi  turut merayakan di berbagai negara masing-masing.

hari kopi1

Kementerian Perindustrian RI juga telah turut mencanangkan Hari Kopi Internasional di Jakarta, pada hari Rabu (30/9/2015). Indonesia tercatat sebagai produsen kopi terbesar ketiga dunia.

http://internationalcoffeeday.org/

http://finance.detik.com/read/2015/10/01/103948/3032697/4/1-oktober-jadi-hari-kopi-minum-kopi-di-tempat-ini-gratis

http://finance.detik.com/readfoto/2015/10/01/165509/3033313/461/1/peringatan-hari-kopi-internasional

24. Sosialisasi PP Budidaya Kopi Luwak

GAEKI turut serta hadir dalam acara sosialisasi Peraturan Menteri Pertanian RI (Permentan) No 37/KB.120/6/2015 tanggal 16 Juni 2015 tentang Cara Produksi Kopi Luwak melalui Pemeliharaan Luwak yang Memenuhi Prinsip Kesejahteraan Hewan, pada tanggal 5-7 Oktober di Perkebunan Kalisat Jampit Bondowoso.

Sosialisasi diselenggarakan oleh Direktur Pengembangan Usaha dan Investasi Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (P2HP), Jamil Musanif.Direktur Jenderal dengan meninjau penangkaran dan pengolahan kopi luwak di Kalisat Jampit, yang memperlakukan hewan luwak secara khusus dengan memperhatikan aspek animal welfare.

Kopi luwak merupakan salah satu kopi spesialty Indonesia. Bahkan pamor kopi yang dalam prosesnya harus melalui perut hewan luwak ini cukup terkenal hingga luar negeri. Harganya pun cukup menggiurkan.

Namun ketenaran pamor kopi luwak ini sempat terusik dengan kampanye negatif. Dalam produksi telah melanggar kesejahteraan hewan (animal welfare). Bisa jadi isu tersebut sebagai salah satu perang dagang dengan jenis kopi lainnya, khususnya dari negara penghasil kopi lainnya.

Sebelumnya kopi luwak juga sempat menimbulkan pro kontra halal dan haram. Namun setelah dilakukan kajian lebih lanjut oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), produk kopi ini dinyatakan halalan toyiban.

Untuk melegalitas kopi luwak tak lagi melanggar animal welfare, Kementerian Pertanian merilis aturan cara produksi kopi luwak yang memenuhi prinsip kesejahteraan hewan yang tertuang dalam Permentan No 37/Permentan/KB.120/6/2015 tertanggal 16 Juni 2015.

http://perundangan.pertanian.go.id/admin/file/Permentan%2037-2015%20Kopi%20Luwak.pdf

25. Pertemuan Kerjasama Komoditi Regional Kopi.

GAEKI turut hadir dan menjadi salah satu pembicara pada acara “PERTEMUAN TINDAK LANJUT KERJASAMA KOMODITI REGIONAL KOPI” pada hari Selasa, tanggal 6 Oktober 2015, bertempat di Kantor Disbun Jatim, Surabaya.

Acara tsb. diselenggarakan oleh Direktur Pemasaran Internasional, Ditjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PHP), Kementerian Pertanian RI.

26. Launching KAPITEN

GAEKI turut menghadiri Launching Kapiten atau Kopi Asli Kabupaten Pasuruan,  pada hari Minggu, tanggal  25 Oktober 2015 di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan. Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf berkenan untuk melakukan Launching Kapiten sebagai upaya pemerintah membantu mempromosikan produk industri rakyat.

Inisiasi produksi Kapiten Pasuruan muncul seiring potensi perkebunan kopi di Kabupaten Pasuruan yang sangat besar. Seluas 4.365 hektar lahan kopi memproduksi sekitar 1.176,9 ton biji kopi kering per hatun.

Guna mendorong produktifitas petani kopi yang jumlahnya mencapai 1.900 orang, pemerintah melalui Dinas Perkebunan dan Kehutanan mengajak para petani melakukan pengemasan yang diharapkan mampu meningkatkan nilai ekonomi. Petani juga bisa diberdayakan dengan memunculkan UKM-UKM kopi.

http://beritajatim.com/politik_pemerintahan/250702/bupati_pasuruan_secara_resmi_launching_kopi_kapiten.html#.Vi70Q_Oqqko

http://www.wartabromo.com/2015/10/22/kapiten-kopi-khas-kabupaten-pasuruan-siap-dilaunching/

http://finance.detik.com/read/2015/10/22/131546/3050674/4/kenalkan-kapiten-kopi-khas-kabupaten-pasuruan

http://www.timesindonesia.co.id/baca/106870/20151026/143525/uggulkan-cita-rasa-kabupaten-pasuruan-launching-kopi-kapiten/

https://www.youtube.com/watch?v=kWKiWYBL2hs

 27. TEI 2015

TEI 2015 diselenggarakan pada tanggal 21 -25 Oktober 2014, merupakan kegiatan pameran tahunan dan bertujuan untuk meningkatkan kinerja ekspor Indonesia, dalam rangka membangun jaringan bisnis dan sekaligus saling berbagi ide dan pengetahuan khususnya bagi para eksportir Indonesia yang sedang mencari mitra dagang asing dan berkeinginan memasuki pasar global.

TEI

GAEKI turut berpartisipasi aktif dalam TEI 2015 yang merupakan Pameran Perdagangan Indonesia ke-30 kali ini memamerkan di antaranya produk produk pertanian, pertambangan hingga industri termasuk juga jasa.

GAEKI selain mengisi Paviliun The Pride Of Indonesia (POI) pada  Trade Expo Indonesia 2015  yang merupakan “showcase of excellence” dari produk /komoditi ekspor unggulan Indonesia, juga mengisi stan pameran, bersama beberapa perusahan / eksportir kopi antara lain sbb :  PT. Aneka Coffee Industry, PT. Indo Arabika Mangkuraja,dan  PT. Fortunium.

TEI SCOOPI

GAEKI juga berperan aktif mengikuti kegiatan yang diselenggatakan oleh SCOPI, antara lain menjadi salah satu pembicara dalam Workshop “SUSTAINABLE COFFEE FOR PROSPERITY, HEALTH AND BEAUTY “,  serta aktivitas Cupping, Brewing dan Coffee Gallery.

Disela kegiatan  TEI dilakukan pertmuan B to B dalam rangka memenuhui undangan dari Canada – Indonesia TPSA Project, antara lain mempresentasikan Program Kanada-Indonesia Perdagangan dan Bantuan Sektor Swasta Proyek (TPSA).

 

http://www.kemendag.go.id/id/photo/2015/10/25/kegiatan-hari-ke-4-tei-2015

http://www.kemendag.go.id/id/news/2015/10/24/tei-2015-hari-ke-4-secangkir-kopi-seharga-rp-25-juta

http://www.tradexpoindonesia.com/

http://www.kemendag.go.id/id/photo/2015/10/21/pembukaan-trade-expo-indonesia-2015?id=26188#photo

http://www.kemendag.go.id/id/videos/2015/10/23/pembukaan-trade-expo-indonesia-2015

28. SIAL Interfood 2015

GAEKI berperan aktif mengikuti Pameran SIAL INTERFOOD 2015 pada tanggal 11 – 14 November 2O15 di Jakarta International EXPO, Kemayoran, untuk yang  ke – 15 kalinya.

WP_20151111_006

Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Industry Agro – Kementerian Perindustrian, GAEKI mendapat fasilitas booth yang diisi oleh beberapa anggota a.l. PT Aneka Coffee Industry, PT Fortunium, CV. Kopi Luwak Cikole, CV. Samm’s Farm dan PT. Amco Sarana Sejahtera (Teh Daun Kopi “Tridawa”).

 29. Rakor Penyusunan Evaluasi Kinerja Mintem Kemenperin.

GAEKI turut berpartisipasi aktif menghadiri Rakor dalam upaya penyusunan Kinerja Industri Minuman & Tembakau Kementerian Perindustrian, yang telah diselenggarakan pada tanggal 11 – 13 Nopember 2015,  di Hotel Salak Bogor.

30. Shanghai FHC

GAEKI bekerjasama dengan Kantor Atase Perdagangan di Beijing turut berpartisipasi pada pameran FHC Tea & Coffee tanggal 11 – 13 November 2015 di Shanghai New International Expo Center (SNIEC) di Kota Shanghai.

Shanghai2

Dalam acara tsb. booth GAEKI diisi a/n PT Cahaya Mas Global Kopi, produsen kopi roasted dari Aceh – Sumatera Utara.

Data perdagangan impor kopi Tiongkok dari dunia (Januari – Agustus 2015), Indonesia berada di peringkat ke 3 setelah Vietnam (US$ 37 juta) dan Malaysia (US$ 16 juta) dengan nilai mencapai US$ 14 juta, dan nilai tersebut naik 90% lebih dibandingkan dengan impor tahun sebelumnya.

Shanghai

Total impor kopi dari dunia ke Tiongkok adalah US$ 127 juta. Potensi pasar Tiongkok sangat menjanjikan sekali kenaikannya dan peluangnya. Dengan mengikuti pemeran FHC Tea & Coffee diharapkan produk roasted bean coffee dapat lebih meningkat memasuki pasar Tiongkok.

http://www.fhcchina.com/en/tea_coffee.asp

 31. CAFÉ SHOW SEOUL 2015.

GAEKI bersama PT Fortunium bekerjasama dengan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Busan berpartisipasi aktif dalam pameran THE 14TH SEOUL INTERNATIONAL CAFÉ SHOW di COEX, SEOUL, pada tanggal 12- 15 NOVEMBER 2015. http://www.cafeshow.com/eng/seoul/main.jsp

SEOUL COEX

32. TAIWAN EXPO 2015

 GAEKI bekerjasama dengan Ditjen PEN – Kemendag turut betrperan aktif mengikuti pameran TAIWAN INTERNATIONAL TEA, COFFEE & WINE EXPO 2015 di Taipei – Taiwan, 13 – 16 November 2015.

Taiwan ok

Dalam acara tsb. booth GAEKI diisi oleh PT Aneka Coffee Industry dan PT Muliasari Permai.

33. MUNAS KADIN

GAEKI telah  turut berpartisipasi menjadi sponsordhip pada Munas Kadin Indonesia ke VII yang diselenggarakan pada tanggal 22 – 24 Nopember 2015 di Bandung. Dalam munas Kadin tsb Bp Rosan Perkasa Roeslani telah terpilih menjadi Ketua Kadin Indonesia periode 2015 – 2020

34. Dialog Dengan Menteri Pertanian

GAEKI turut menghadiri undangan pertemuan dengan Menteri Pertanian di Auditorium Kementerian Petanian, Jakarta pada hari Jum’at, tanggal 4 Desember 2015, dalam agenda upaya akselerasi ekspor produk pertanian & fasilitasi pemasaran ekspor produk pertanian.

 35. Rakor Pengembangan Kopi dengan DITJENBUN

Dalam upaya pengembangan tanaman kopi di Indonesia, pada tanggal 4 – 6 Desember 2015, GAEKI telah berperan aktif menjadi nara sumber dalam acara Pertemuan Koordinasi yang diselenggarakan oleh Direktur Tanaman Tahunan & Penyegar Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian di Makasar, Sulsel.

 36. Seminar Hasil Perdagangan Internasional LPEM UI

GAEKI turut menghadiri Seminar Identifikasi dan Peninjauan terhadap Hasil Kerjasama Perdagangan Internasional yang diselenggarakan oleh LPEM UI, pada hari Selasa tanggal 8 Desember 2015 di Jakarta.

37.  Rapat monitoring implementasi Paket Kebijakan Perekonomian 2015 di Kantor Wapres.

GAEKI telah mengikuti rapat di kantor Wakil Presiden dalam rangka untuk monitoring implementasi Paket Kebijakan Perekonomian 2015, yang diselenggarakan pada tanggal 11 Desember 2011\5, di Kantor Wakil Presiden – Jakarta.

Dalam rapat tsb a.l. dipaparkan beberapa topik bahasan sbb :

  1. Presentasi Data Perekonomian oleh Deputi Kepala BPS
  2. Koordinasi Implementasi Paket Kebijakan Perekonomian dipimpin oleh Bp. Sofjan Wanandi
  3. Presentasi Trans Pacific Partnership oleh Bp. Johnny Darmawan


Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

This entry was posted on 05/03/2015 and is filed under Kegiatan. Written by: . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.