Pertemuan GAEKI dengan Menteri Perdagangan

1. Audiensi penerimaan Menteri Perdagangan sebagai Pembina GAEKI :

Audiensi GAEKI dengan Menteri Perdagangan  Bapak Gita Wiryawan, untuk pertamakalinya dilaksanakan pada tanggal 18 Februari 2012,  antara lain pada kesempatan tersebut Bapak Menteri Perdagangan telah menyetujui untuk menjadi Pembina GAEKI.

Dalam audiensi pertemuan tsb, Menteri Perdagangan  Bapak Gita Wiryawan didampingi oleh Direktur Jenderal Kerjasama Perdagangan Internasional Bapak Gusmardi Bustami, S.H dan Direktur Jenderal Pedagangan Luar Negeri Bapak Dr. Ir. Deddy Saleh, M.S.

Dari GAEKI  Ketua Umum Bapak Hutama Sugandhi didampingi oleh Ketua II Bapak Hariyanto, Ketua III  Bapak Leman Pahlevi Sulaiman, Sekretaris Jendral Bapak Isdarmawan Asrikan,  Sekretaris I  Bapak Muhammad Zakki, Sekretaris II Bapak Hery Soekojo, Bendahara Umum Bapak Halim Soesilo, Bendahara Boentoro Oetomo, Dewan  Penasehat Bapak Oesman  Soedargo, Bapak Ahmad Zawawi Soeleiman, Bapak Karsono, Bapak Drs. Moch. Sumadhi, MA,  Pengawas Bapak Rudy Soekojo & Anggota Bapak Moenardji Soedargo.

2. Audiensi Konsolidasi GAEKI dengan Menteri Perdagangan :

Untuk keduakalinya GAEKI telah diterima oleh Menteri Perdagangan untuk melakukan audiensi pertemuan di Kantor Kementerian Perdagangan Jl. MI Ridwan Rais No. 5, Jakarta, pada hari Jum’at tanggal 29 Juni 2012.

Dalam audiensi pertemuan tsb, Menteri Perdagangan  Bapak Gita Wiryawan didampingi oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Bapak Gusmardi Bustami, S.H dan Direktur Ekspor Produk Pertanian dan Kehutanan Bapak Drs. Mardjoko, MBA.

Dari GAEKI  Ketua Umum Bapak Hutama Sugandhi didampingi oleh Sekretaris Jendral Bapak Isdarmawan Asrikan, Ketua I Bapak Sugeng Budhi Raharjo , Ketua III  Bapak Leman Pahlevi Sulaiman, Pengawas Bapak Rudy Soekojo & Anggota Bapak Moenardji Soedargo.

Laporan Perkembangan Aktifitas GAEKI

Dalam kesempatan tsb. Bapak  Menteri Perdagangan telah menerima laporan perkembangan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh GAEKI. Sebagai organisasi perkopian yang terhitung muda, namun GAEKI secara progresif telah menunjukkan performance yang positif dengan melakukan beberapa aktifitas penting bersama Pemerintah.

GAEKI berperan aktif dalam acara “Forum Ekspor Nasional” yang dihadiri oleh Bapak Menteri Perdagangan, diselenggarakan di beberapa tempat antara lain di Palembang dan Malang.

Sejak bulan Maret 2012, GAEKI telah menjadi Delegasi resmi Indonesia yaitu sebagai Private Sector yang mewakili Indonesia di forum Private Sector Consultative Board (PSCB), dalam sidang-sidang ICO di London yang dipimpin oleh Kementerian Perdagangan.

Bersama Menteri Perdagangan telah melakukan Misi Dagang ke Brazil, pada bulan  Maret 2012, dan melakukan misi dagang ke Afrika Selatan bersama Wakil Menteri Perdagangan, pada bulan  April 2012.

GAEKI juga telah turut berperan serta mengikuti rapat pembahasan Data Statistik Komoditi di Cisarua, Bogor, yang diselenggarakan oleh Direktur Kerjasama APEC Kementerian Perdagangan & Kementerian Luar Negeri serta Organisasi Internasional lainnya, pada bulan  April 2012.

Pada bulan  April 2012, GAEKI telah menerima delegasi Neumann Group dari Jerman salah satu Coffee Trader terbesar dunia, yang bermaksud akan memberikan program bantuan kepada petani kopi dalam rangka meningkatkan produktivitas kopi di Indonesia.

GAEKI bersama ASEAN Coffee Club  telah menyelenggarakan “ASEAN Internasional Seminar on Coffee” di Bali pada bulan Juni 2012,  bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pengolahan  dan Pemasaran Hasil Pertanian, Kementerian Pertanian, Direktorat Jenderal Kerjasama ASEAN, Kementerian Luar Negeri, dan Direktorat Jenderal Industri Agro, Kementerian Perindustrian.

Pada seminar tersebut, antara lain telah dirumuskan “Cost & Benefit”  sertifikasi nasional untuk komoditi kopi, yang nantinya secara regioanal di tingkat ASEAN akan dibawa bersama-sama untuk disampaikan dalam sidang  ICO  pada bulan September 2012 yang akan datang. Dalam rangka mewujudkan keinginan bersama diharapkan sertifikasi kopi yang dibuat dinegara produsen dapat di adop oleh pembeli agar biaya, cost dan kepentingan dapat dikendalikan, shingga perlu adanya tindakan spesifik agar sertifikasi dapat dilakukan baik di tingkat nasional maupun secara regional/ASEAN.

Sambutan & Arahan Menteri Perdagangan

Berkenaan dengan rencana sertifikasi nasional, pada prinsipnya Menteri Perdagangan setuju, dan dalam pelaksanaannya nanti agar dapat bekerjasama dengan lembaga yang terakreditasi di Indonesia yaitu Sucofindo.

Untuk memperkuat posisi GAEKI sebagai mitra pemerintah,  perlu segera ditindaklanjuti agar propinsi-propinsi daerah penghasil kopi dapat berpartisipasi dan bekerjasama dengan GAEKI.

Menteri Perdagangan menyambut baik rencana “Program Revitalisasi Kopi Nasional” dengan harapan agar produksi kopi kedepan selama 5-10 tahun yad, dapat meningkat secara tajam.  Adapun program serta kebutuhan anggaran yang diperlukan akan dibicarakan lebih lanjut secara interdep dengan Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian & Kementerian Luar Negeri.

Dalam rangka penguatan “Nasional Brand” kopi Indonesia akan ditindaklanjuti dengan melakukan koordinasi melalui Kementerian  terkait & Kementerian Luar Negeri agar citra kopi Indonesia lebih dikenal secara luas di kancah perkopian dunia. Untuk itu, Menteri berharap agar GAEKI secara proaktif  bersama dengan pemerintah melakukan kegiatan promosi melalui misi dagang kenegara-negara non tradisional disamping promosi ke dalam negeri.

Menteri Perdagangan juga menyetujui  rencana pembukaan “GAEKI Cafe” yang akan dikelola secara prosesional oleh Kopi Rolas PTPN 12 sebagai sarana promosi kopi nasional. Lebih lanjut diharapkan agar dapat bekerjasama dengan Tim Pelaksana untuk segera membuka gerai kopi tsb.  di lantai dasar kantor Kementerian Perdagangan.

3. Audiensi  Laporan & Program Kerja GAEKI Tahun 2013.

Pada hari Jumat, tanggal 1 Maret, Bapak Menteri Perdagangan untuk kesekian kalinya berkenan menerima GAEKI bertempat di Kantor Kementerian Perdagangan Jl. MI Ridwan Rais No. 5, Jakarta.

Dalam audiensi pertemuan tsb, Menteri Perdagangan  Bapak Gita Wiryawan didampingi oleh Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Bapak Gusmardi Bustami, S.H dan Direktur Jenderal Pedagangan Luar Negeri Bapak Bachrul Chairi, SE, MBA dan Direktur Jenderal Pedagangan Dalam Negeri  Ibu Srie Agustina, SE, ME

Dari GAEKI  Ketua Umum Bapak Hutama Sugandhi didampingi oleh Ketua II Bapak Hariyanto, Sekretaris Jendral Bapak Isdarmawan Asrikan,  Sekretaris I  Bapak Muhammad Zakki  & Anggota Bapak Moenardji Soedargo.

Dalam kesempatan tsb. Bapak  Menteri Perdagangan telah menerima laporan perkembangan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh GAEKI selama Tahun 2012. Sebagai organisasi perkopian yang terhitung muda, namun GAEKI secara progresif telah menunjukkan performance yang positif dengan melakukan beberapa aktifitas penting bersama Pemerintah.

Disamping itu, secara garis besar GAEKI telah memaparkan Program Kerja Tahun 2013, yang pada intinya tetap melanjutkan kegiatan yang telah terjalin erat dengan Pemerintah, antara lain dalam hal Peningkatan Produksi & Ekspor Kopi, Pengelolaan Produk Impor Kopi Olahan, Sertifikasi Kopi Nasional, Ambang Batas Residu Pestisida, Nasional Brand Kopi Indonesia, Promosi Kopi Indonesia ke Pasar Non Tradisional dll.



Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

Anda dapat memakai tag dan atribut HTML ini: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This entry was posted on 06/07/2012 and is filed under Kegiatan. Written by: . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.