THE 9TH CHINA-ASEAN EXPO (CAEXPO)

Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI) telah mendukung Pemerintah Indonesia c.q. Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kementerian Perdagangan dan berpartisipasi aktif pada pameran China-ASEAN Expo (CAEXPO) ke-9 yang diselenggarakan pada 21-25 September 2012 di Nanning, China.

CAEXPO adalah pameran ekonomi & perdagangan bergengsi internasional yang disponsori oleh Departemen Perdagangan RRC dan 10 negara Asia Tenggara (Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Viet Nam) bersama dengan Sekretariat ASEAN.

Sambutan Ketua Umum GAEKI Bpk. Hutama Sugandhi
& Kunjungan Dirjen PEN, Bpk Gusmadi di CAEXPO ke-9

CAEXPO  yang telah delapan kali berhasil diselenggarakan dan memetik hasil signifikan ini, merupakan platform penting bagi komunikasi persahabatan China-ASEAN serta perdagangan dan kerjasama di bidang teknologi maupun di bidang lainnya.Pelaksanaan CAEXPO  sendiri merupakan hasil kesepakatan pertemuan China-ASEAN ke-7 pada bulan Oktober 2003 di Bali dalam kerangka kerjasama perdagangan ekonomi China-ASEAN Free Trade Area (CAFTA), dan sejak tahun 2004  secara rutin setiap tahun diselenggarakan oleh Pemprov Daerah Guangxi Zhuang Autonomous Region di Kota Nanning, Guangxi, RRC.

Pada even CAEXPO ke-9 tahun ini, panitia telah menyediakan beberapa booth khusus di Hall 16 untuk display produk kopi yang diisi oleh peserta perwakilan negara produsen kopi ASEAN dari Indonesia, Vietnam, Malaysia, Thailand, Laos, Myanmar dan Singapura, dan disamping itu diadakan acara Coffee Testing at Coffee Show yang diselenggarakan oleh Sekretariat CAEXPO dan Asosiasi kopi Negara – negara ASEAN.

Dari Indonesia diwakili oleh Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI) yang menempati 10 booth di Hall 16  dengan konsep “One for All” , antara lain menampilkan display berbagai produk kopi dari seluruh nusantara, yaitu berupa kopi biji dan kopi olahan baik jenis Arabika & Robusta dari provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Jawa, Bali, Sulawesi, Flores hingga Papua. Disamping itu juga menampilkan Kopi Arabika Spesilty Indonesia yang sudah mendunia seperti Gayo Mountain, Mandheling, Mangkuraja, Java, Toraja, Kalosi, Bali & Flores, serta Kopi Luwak (Civet Coffee) & Kopi Lanang (Peeberry Coffee) yang cukup disukai dewasa ini.

Sesuai info dari Associaton Coffee of Shanghai China, bahwa minum kopi sudah mendapat perhatian yang cukup besar terutama dari kalangan  generasi muda di China, hal ini antara lain mengingat apresiasi dan meningkatnya nilai mata uang Yuan di China, sehingga harga Coffee cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal serta sudah dianggap bukan merupakan barang mewah. Disamping itu, kultur generasi muda terhadap tradisi minum teh di China tidak sefanatik kultur generasi tua. Dengan demikian, tren pertumbuhan konsumsi kopi di China dalam waktu yang akan datang diharapkan maju pesat.

Melihat antuasias media pers & animo pengunjung di booth GAEKI, diantaranya cukup banyak yang terkesan terhadap citarasa kopi Indonesia dibanding kopi dari negara ASEAN lainnya, sehingga peluang pasar kopi Indonesia di China cukup terbuka luas. Untuk meraih peluang tsb,  tentunya perlu mendapat perhatian khusus serta dukungan dari pihak pemerintah agar para eksportir dan industri di Indonesia dapat menembus pasar di China yang merupakan salah satu pasar non tradisional terbesar di Asia.



Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Isian wajib ditandai *

This entry was posted on 30/10/2012 and is filed under Kegiatan. Written by: . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.