Kopi Indonesia Di SCAA Atlanta

AS Akan Impor Kopi Senilai Rp 240 Miliar dari Indonesia

Shohib Masykur – detikNews
AS Akan Impor Kopi Senilai Rp 240 Miliar dari Indonesia
Foto oleh Shohib Masykur

Indonesia berupaya menggenjot ekspor kopi ke Amerika Serikat (AS) dengan mengikuti pameran kopi Specialty Coffee Association of America (SCAA) Expo 2016 di Atlanta, Georgia, 14-17  April 2016. Salah satu catatan penting dari gelaran pameran tersebut adalah komitmen impor kopi dari Indonesia oleh perusahaan-perusahaan AS dengan nilai mencapai Rp 240 miliar.

Foto oleh Shohib Masykur

“Hari ini kami telah menandatangani MoU sekitar USD 18 juta dolar (Rp 240 miliar), dan mudah-mudahan ini bisa meningkat,” kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak, di tempat pameran, Jumat (15/4/2016).

Dia menambahkan, ekspor kopi Indonesia ke AS untuk periode Januari-Februari 2016 mengalami peningkatan sebesar 17 persen dibanding periode yang sama tahun sebelulmnya. Selain ke AS, promosi ekspor kopi juga dilakukan di negara-negara lain seperti di wilayah Eropa.

Foto oleh Shohib Masykur

“Perlu kita galang lagi untuk Uni Eropa karena pasarnya besar dan kita belum terlalu tinggi ekspornya,” kata dia.

Dia juga menekankan pentingnya national branding dalam promosi kopi dan produk-produk Indonesia secara umum. Selama ini kopi Indonesia di luar negeri dikenal dengan sebutan nama daerah, seperti kopi Sumatera dan Jawa, sehingga nama Indonesia sendiri kurang dikenal.

Foto oleh Shohib Masykur

“Kita sudah memproses national branding dengan Kantor Kepresidenan, dan mudah-mudahan bisa diluncurkan saat Asian Games tahun 2018. Itu nanti akan terintegrasi antara produk dengan nation branding-nya sendiri. Sudah tentu tidak semua produk bisa menggunakan label itu, jadi ada persyaratan yang harus dipenuhi sehingga daya saing kita dengan menggunakan logo itu bisa cukup bagus,” kata Nus.

Untuk menjaga kualitas kopi sehingga layak diekspor, Pemerintah lewat Kementerian Pertanian dengan melibatkan kalangan usaha tengah mengembangkan sistem sertifikasi berstandar internasional. Dengan sertifikasi itu, kopi yang diproduksi  Indonesia tidak  hanya menguntungkan secara ekonomi, tetapi juga memperhatikan aspek sosial dan lingkungan.

Foto oleh Shohib Masykur

“Selama ini sudah banyak sertifikasi internasional, tapi prosesnya mahal karena bukan kita sendiri yang mengerjakan. Sertifikasi yang sedang dikembangkan ini akan menekan biaya sehingga lebih murah, namun tetap diterima oleh konsumen internasional,” kata Hutama Sugandhi, Ketua Umum Gabungan Eksportir Kopi Indonesia (GAEKI) yang merupakan satu dari empat asosiasi kopi Indonesia yang turut dalam pameran.

SCAA merupakan salah satu pameran kopi terbesar di AS. Acara ini digelar rutin tiap tahun dan dihadiri oleh sekitar 12 ribu pengunjung. Beberapa tahun terakhir Indonesia selalu berpartisipasi dalam pameran tersebut dan tahun ini terpilih sebagai portrait country. Paviliun Indonesia yang tampak megah menyuguhkan 17 jenis kopi berkualitas tinggi dari 5 pulau, yaitu Sumatera, Jawa, Sulawesi, Flores dan Bali.

Foto oleh Shohib Masykur

Di Indonesia, kopi mempekerjakan tak kurang dari 2 juta petani dan ratusan ribu pekerja yang terkait dengan pemrosesan kopi hingga ekspor. Sekitar 90 persen produsen kopi Indonesia adalah petani kecil. Digelarnya pameran tersebut di Georgia punya arti tersendiri bagi Indonesia karena pelabuhan di negara bagian itu menjadi pintu masuk terbesar ketiga bagi ekspor Indonesia ke AS setelah California (Los Angeles) dan New York (Newark).

Foto oleh Shohib Masykur

LINK BERITA :

http://news.detik.com/berita/3189344/as-akan-impor-kopi-senilai-rp-240-miliar-dari-indonesia

http://www.remarkableindonesiancoffee.com/scaa-2016-portrait-country/

http://www.karebamalaqbi.com/17-jenis-kopi-indonesia-jadi-primadona-dalam-ajang-scaa-expo-2016/

http://www.kemendag.go.id/id/news/2016/04/17/hari-ke-2-scaa-expo-2016-jadi-primadona-kopi-indonesia-catat-transaksi-usd-18-juta

http://www.antaranews.com/berita/556004/transaksi-kopi-scaa-di-as-capai-35-juta-dolar

https://www.youtube.com/watch?v=C_nNM3qLsA0&feature=youtu.be&app=desktop

https://www.youtube.com/watch?v=idfmh-dtTDU

http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2016/02/10/185510926/Kemendag.Kopi.Indonesia.Jadi.Sorotan.di.AS

http://www.kemendag.go.id/id/news/2016/02/11/kemendag-kopi-indonesia-jadi-sorotan-di-as

http://kopibrik.com/indonesia-jadi-sorotan-di-ajang-pameran-kopi-dunia-scaa-expo-2016/

http://regional.kompas.com/read/2016/04/22/07100011/Kopi.Gunung.Puntang.dari.Jawa.Barat.Juarai.Kontes.SCAA.di.Atlanta.AS

http://ekonomi.rimanews.com/bisnis/read/20160419/275192/Indonesia-Catat-Rekor-Lelang-Kopi-di-Expo-Amerika-Serikat-

https://bisnis.tempo.co/read/news/2016/04/16/090763251/delegasi-kopi-gayo-hadiri-temu-bisnis-di-atlanta-amerika

http://kabarinews.com/kopi-indonesia-jadi-primadona-di-scaa-expo-2016-atlanta-georgia/84052



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This entry was posted on 27/04/2016 and is filed under Berita. Written by: . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.