KEGIATAN GAEKI 2018
Memasuki tahun 2018, GAEKI sebagai mitra Pemerintah RI untuk mewakili private sector di berbagai forum terus melanjutkan peran aktif dalam berbagai even perkopian baik didalam dan di luar negeri :
1. Diskusi Meja Bundar di Lampung.
GAEKI berpartisipasi aktif sebagai salah satu pembicara pada acara Diskusi Meja Bundar 2 Kopi Berkelanjutan di Bukit Barisan Selatan dengan tema “Sebuah Komitmen Bersama untuk mengatasi Deforestasi Resiko Rantai Pasok , dan mendukung matapencaharian Petani” pada tanggal 23 Januari – 24 Januari 2018, di Bandar Lampung.
2. Raker Kementerian Perdagangan.
GAEKI berpartisipasi aktif menggelar pameran pada acara Rapat Kerja (raker) kemendag Tahun 2018 yang bertemakan ” Akselerasi Perdagangan di Ekonomi Digital”, pada tanggal 31 Januari-2 Februari 2018, bertempat di Hotel Borobudur, Jakarta.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkenan membuka rapat kerja Kementerian Perdagangan Tahun 2018 di Istana Negara, Jakarta Pusat.
Link Berita :
http://www.kemendag.go.id/id/photo/2018/01/31/konferensi-pers-rapat-kerja-kemendag-2018?id=43590
http://www.kemendag.go.id/id/photo/2018/01/31/pembukaan-raker-kemendag-2018
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/3842269/jokowi-buka-raker-kemendag-2018-di-istana
3. Seminar Kopi BSN
GAEKI berpartisipasi aktif mengikuti seminar kopi yang bertemakan “Penguatan positioning Indonesia sebagai produsen kopi dan produk olahannya melalui Standardisasi dan Penilaian Kesesuaian“, bersama Dr. Hector Manuel Diaz – Meksiko, Expert ISO TC 34/ SC 4 Coffee, Coffee Specialist, Master Roaster, dan A&R Q-Grading Instructor, yang diselenggarakan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) pada tanggal 30 Januari 2018, bertempat di Hotel Bidakara Grand Pancoran, Jakarta.
Link tautan untuk mendownload rekaman seminar : https://drive.google.com/drive/folders/1jpuZWAKJ3O69eF6se4J6QpgRp02LQqD2?usp=sharing
4. Festival “Nusantara dalam secangkir Kopi”
GAEKI berpartisipasi aktif sebagai salah satu pembicara pada event Talkshow dan Festival “Nusantara dalam secangkir Kopi” dalam rangkaian acara ulang tahun ke 48 tahun Media Indonesia, pada tanggal 30 Januari 2018, bertempat di Gedung Media Indonesia, Jakarta.
Link Berita :
http://www.mediaindonesia.com/news/read/143162/mengenal-nusantara-melalui-kopi/2018-01-31
http://www.mediaindonesia.com/news/read/143002/merajut-kejayaan-kopi-indonesia/2018-01-30
5. GAEKI Dan Aneka Coffee Industry Kembangkan Kopi Dampit
Sebagai bentuk kepedulian terhadap pelaku bisnis perkopian skala kecil, GAEKI menggandeng PT. Aneka Coffee Industry (ACI) melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha tersebut asal Dampit, Kab. Malang.
Kegiatan tersebut diawali dengan kunjungan ke pabrik kopi milik PT. ACI di Trosobo, Taman, Sidoarjo pada 2 Maret lalu yang diikuti 9 peserta terdiri dari petani kopi, pengusaha warung kopi dan penggilingan kopi, yang dibina oleh Bapak Isdarmawan Asrikan (Sekjen GAEKI) yang diterima langsung oleh Bapak. Hutama Sugandhi (Direktur PT. ACI) didampingi oleh Bpk. Ir. Terbit Satrio (Manager Peneliti dan Pengembangan PT. ACI).
Menurut Bapak Isdarmawan Asrikan, pengembangan UKM kopi melalui program CSR dimaksudkan untuk memotivasi pelaku usaha kecil guna memanfaatkan potensi hasil panen kopi Dampit. Sararannya adalah agar mendapatkan nilai tambah lebih tinggi melalui pemrosesan biji kopi untuk dipasarkan menjadi kopi seduh maupun kopi bubuk dalam kemasan. Selanjutnya, para pelaku UKM kopi Dampit akan dilatih meracik kopi, sehingga memiliki kemampuan guna mengembangkan dan bersaing dalam bisnis perkopian.
Dipilihnya kopi Dampit disebabkan kopi asal daerah tersebut memiliki cita rasa khas, dan pemrosesannya perlu dikembangkan agar bisa menjadi ikon Kabupaten Malang. Tanaman kopi di kawasan tersebut umumnya jenis robusta yang dibudidayakan petani kecil.
Menurut Bapak Hutama Sugandhi yang juga sebagai Ketua GAEKI, bahwa Kopi Dampit merupakan salah satu kopi nasional yang sudah mendunia, memiliki kekhususan aroma dan taste kopi, beberapa saran yang perlu dilakukan antara lain sbb :
- selama ini sistem produksi yang dilakukan para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di Dampit masih lemah dan perlu diperbaiki.
- Pengembangan kopi Dampit yang perlu dilakukan meliputi teknis budidaya dan penanganan pasca panen seperti penggorengan, peracikan dan teknis pengemasan produk.
- Pemasarannya bisa disajikan dalam bentuk seduh maupun sebagai souvenir, seiring meningkatnya konsumsi kopi yang telah menjadi gaya hidup.
- Untuk penjualan kopi Dampit yang dilakukan dengan membuka kafe perlu diperhatikan positioning-nya. Sedangkan penyuguhannya bisa dikreasikan berupa kopi jahe, kopi alpukat, kopi original dan lainnya.
Dalam kesempatan itu, para pelaku UKM kopi Dampit diperlihatkan sistem produksi pabrik PT. ACI dengan dipandu Bpk. Terbit Satrio.
ACI beroperasi sejak tahun 1995, dan kini didukung 310 karyawan yang bekerja 3 shift.
Kapasitas pabrik tersebut 5.000 ton per tahun berupa kopi instan dan 2.400 per tahun kopi bubuk, dimana 70 % dari produksinya dipasarkan dalam negeri dan sisanya diorientasikan ke pasar ekspor. Bahan baku berupa kopi robusta dan arabika selain diperoleh dari dalam negeri juga diimpor dari beberapa negara.
6. Ngopi Bareng Senator
GAEKI turut berpartisipasi aktif sebagai salah satu narasumber dalam acara Talk Show “Ngopi Bareng Senator” yang diselenggarakan oleh Kadin Indonesia bekerjasama dengan DPD RI guna meningkatkan eksport Kopi Indonesia.
Wakil Ketua DPD Nono Sampono bersama Ketua KADIN Indonesia Eddy Ganefo dan anggota DPR serta perwakilan negara sahabat bersulang dalam, di Lobby Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, pada hari Rabu (14/3/2018). Acara Ngopi bareng yang bertajuk “Kopi Daerah Indonesia Kopi Dunia” yang diramaikan oleh para vendor Kopi dari seluruh Indonesia tersebut, diharapkan jadi jembatan untuk mengembangkan dan meningkatkan ekspor Kopi daerah Indonesia ke seluruh dunia karena dianggap sebagai kopi paling enak.
Acara Ngopi bareng yang bertajuk “Kopi Daerah Indonesia Kopi Dunia diramaikan oleh para vendor kopi dari seluruh Indonesia, diharapkan jadi jembatan untuk mengembangkan dan meningkatkan ekspor kopi Indonesia ke seluruh dunia.
Link Berita :
http://www.sahkato.com/saatnya-kopi-agam-go-internasional.html
http://www.koran-jakarta.com/ngopi-bareng-senator/
http://www.suarakarya.id/detail/61473/Ngopi-Bareng-Senator
7. TAIPEH – INDONESIAN WEEK 2018
GAEKI bersama PT Aneka Coffee Industry turut berpartisipasi aktif sebagai salah satu peserta pameran Indonesian Week 2018 di bawah koordinasi Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia yang merupakan bagian dari Kementerian Perdagangan R.I merupakan penyelenggaraan pameran terbesar yang diadakan oleh pemerintah Indonesia. Pameran Indonesian Week diselenggarakan pada tanggal 22-25 Maret 2018 bertempat di Taiwan World Trade Center Exhibition.
Indonesia merupakan mitra dagang Taiwan yang memiliki surplus terbesar di antara negara-negara ASEAN lainnya (USD 1,45 milyar) dan ekspor Indonesia ke Taiwan merupakan Top-10 impor Taiwan. Namun demikian, angka perdagangan Taiwan untuk Indonesia masih menduduki peringkat ke-15, masih di bawah Filipina, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Thailand.
Peluang Indonesia untuk bekerjasama dengan Taiwan sangatlah besar. Hal ini mengingat potensi Taiwan di sektor keuangan, ekonomi, teknologi, industri, dan pertanian sangatlah besar. Kebijakan One-China Policy mendorong Taiwan untuk mengurangi investasinya di China sehingga Taiwan mencari pengalihan tujuan investasinya. Begitu pula dengan adanya kebijakan New Southbound Policy yang mendorong peningkatan kerjasama Taiwan dengan negara-negara ASEAN, Asia Selatan, Australia, dan Selandia Baru. Serta saat ini terdapat peningkatan konsumsi produk halal di halal. Mengingat banyaknya peluang dan tantangan yang harus dihadapi Indonesia untuk mengembangkan bidang perdagangan dan investasi di Taiwan, maka Indonesia memerlukan suatu terobosan baru yaitu sebuah gebrakan untuk memperkenalkan Indonesia di segala sektor melalui suatu pameran yang terintergrasi dan terkonsep secara matang yang menampilkan berbagai produk komoditi Indonesia guna mendorong peningkatan angka perdagangan Indonesia di Taiwan.
8. COEX – SEOUL 2018
GAEKI bersama Kedubes RI & ITPC Busan Korea Selatan turut berpartisipasi aktif sebagai salah satu peserta pameran The ASIAN COFFEE DISTRICT at COFFEE EXPO SEOUL 2018, di Seoul, 05 – 08 April 2018.
Dalam kesempatan tersebut GAEKI telah menandatangani MoU dengan Coex Co., Ltd. guna memperkuat perdagangan dan ekonomi, meningkatkan kerja sama internasional dan untuk menentukan kerangka pertukaran bisnis sektor-sektor yang tercakup termasuk kopi, makanan & minuman, dan bidang perdagangan & industri jasa lainnya, khususnya berpartisipasi dalam CoexCoffeeFairs yang diadakan di Korea, dan Vietnam.
Selain penandatangan MoU yang telah dilakukan oleh GAEKI dengan COEX dalam rangka kerja sama fasilitasi promosi dan pertukaran informasi, dilanjutkan dengan ditandatanganinya MoU antara pelaku usaha kopi Indonesia yaitu Ventura Coffee, PT Indoarabica Mangkuraja serta Alpha Gemilang dengan mitra dagangnya di Korsel yaitu Beanst Coffee, Tona Co. Ltd., Quantum International Co. Ltd., dan Treeplanet co. Ltd, di sela – sela acara penyelenggaraan International Coffee Expo Seoul 2018 di COEX Center Seoul yang berlangsung pada 5-8 April 2018. Potensi transaksi dari MoU tersebut mencapai US$ 2 juta.
Link Berita :
https://dunia.tempo.co/read/1076720/12-300-gerai-kopi-korea-selatan-siap-serap-kopi-indonesia
Tinggalkan Balasan