Kopi Indonesia akan Tampil di SCAA
Pangsa Pasar Kopi Indonesia Makin Mendunia
(Berita Daerah – Jakarta) Dalam pertumbuhannya, kopi menjadi salah satu minuman yang banyak digemari oleh orang tua hingga anak muda. Kopi ini telah menjadi minuman favorit bagi kalangan anak muda mulai dari usia 20 – 30 tahun, dan tidak hanya di negara Eropa atau Amerika, tetapi sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat negara China. Indonesia adalah salah satu negara produsen kopi terbesar ketiga di dunia, yang memiliki cita rasa yang banyak digemari belakangan ini.
Kementerian Perdagangan baru-baru ini mengadakan Press Conference The Launching of Indonesia as portrait country, the 28 th, Speciality Coffee Association of America (SCAA) di Gedung Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (10/2).
Event SCAA 2016 akan diadakan pada tanggal 14-17 April 2016, di Atlanta, Georgia. SCAA sendiri mengumumkan bahwa Indonesia sebagai “portrait country” dalam acara nanti. Acara ini adalah ajang paling bergensi dimana setiap produsen kopi dapat mempromosikan produk kopi dari masing-masing negara. SCAA akan melakukan seleksi kopi yang terbaik untuk dipromosikan, sehingga harus ada syarat yang memenuhi kualifikasi SCAA.
Munarji Soedargo, Ketua Asosiasi Eksportir (Dewan Penasehat GAEKI) yang hadir di Kemendag pada acara press conference tersebut mengatakan akan ada seleksi, mulai dari 80 kopi menjadi 20 kopi pilihan yang terbaik, dan dari 20 kopi yang terbaik, akan diambil lagi 10 kopi paling terbaik dari yang terbaik. Nantinya, dari hasil kopi yang terseleksi, maka tim lelang akan menghubungi petani dari 10 kopi terbaik itu, untuk menyediakan 1 (satu) karung kopi yang akan dikirimkan ke Amerika untuk diuji coba, sebelum acara SCAA akan berlangsung.
(Note : GAEKI telah mendapat tugas oleh Kementerian Perdagangan (DJPEN) untuk menyelenggarakan dan bertanggung jawab pada acara Lelang Kopi / Auction).
Kondisi saat ini tingkat konsumsi kopi di dunia sedang mengalami kenaikan dalam permintaan, tidak hanya datang dari Amerika dan Eropa saja, tetapi mulai diminati oleh negara yang ada di Asia, seperti China dan Jepang. Hal ini dikarenakan adanya perubahan gaya hidup atau lifestyle, khususnya mereka yang berusia 20-40 tahun. Belum lagi perkembangan pusat perbelanjaan dan mall dimana sudah banyak sekali cafe – cafe bermunculan dan yang bertumbuh di Indonesia. Orang tidak hanya membeli kopi di cafe, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Perkembangan gaya hidup ini sangat cepat, sehingga kebutuhan kopipun menjadi bertambah, baik untuk konsumsi di Indonesia, bahkan sampai ke negara lainnya.
Lea/Journalist/BD
Editor : Lenny Ambarita
image : BD
LINK BERITA :
http://beritadaerah.co.id/2016/02/11/pangsa-pasar-kopi-indonesia-makin-mendunia/
http://beritadaerah.co.id/2016/02/10/197795/
http://wartaagro.com/berita-kopi-indonesia-akan-tampil-di-scaa-.html
http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/734175-kejar-impor-indonesia-akan-naikkan-ekspor-kopi-ke-as
http://bisnis.liputan6.com/read/2432840/ri-genjot-ekspor-kopi-ke-amerika-serikat
http://bisnis.liputan6.com/read/2432910/ekspor-kopi-ri-diprediksi-naik-20-di-2016
https://obsessionnews.com/kopi-indonesia-paling-nikmat/
http://www.antaranews.com/berita/544695/kopi-indonesia-mampu-tingkatkan-national-branding
http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2273225/ekspor-kopi-indonesia-ke-pasar-dunia-naik-lumayan
http://ekonomi.inilah.com/read/detail/2273331/april-nantimendag-tom-bicara-kopi-indonesia-di-as
http://wartakota.tribunnews.com/2016/02/11/kopi-indonesia-akan-semakin-rajai-dunia
Tinggalkan Balasan